Pluralisme: Pengertian, Tujuan, Macam dan Contohnya

Icoretech.org – Setiap masyarakat memiliki pandangan hidup yang berbeda terhadap masyarakat lainya. Kita ketahui bersama kalau Indonesia memiliki wilayah yang luas, Kemajemukan yang dimiliki oleh Indonesia terdiri dari agama, ras, etnis dan lainya.

Pernah kan anda mendengar paham Plurasime di Indonesia ? Mungkin ada diantara temen-temen yang belum mengetahui tentang paham Pluralisme dan contohnya.

Nah pada pembahasan kali ini saya ingin menjelaskan mengenai Pengertian Plurasime beserta tujuan, macam dan contohnya di masyarakat. Simak terus pernjelasanya sampai selesai.

Pengertian Pluralime Menurut Para Ahli

Pengertian Pluralisme adalah kemajemukan suatu masyarakat yang berhubungan secara langsung dengan sistem sosial, politik dan kebudayaan yang berbeda-beda namun karena adanya kesadaran dari setiap orang bisa mencapai keteraturan sosial.

Berikut ini ada beberapa pengertian Pluralisme menurut pandangan para ahli, diantaranya yakni.

  1. Menurut Santrock (2003): Pluralisme adalah pendapat dari tiap-tiap individu yang menyatakan kalai perbedaan budaya wajib dihargai keberadaanya saat ini.
  2. Menurut Webster: Pengertian Pluralisme adalah suatu keadaan sosial, terdiri dari ras, agama dan etnis yang mempertahankan sikap keikutsertaan dalam masyarakat.
  3. Menurut M. Shofan (2011): Pluralisme adalah sebuah tindakan untuk membangun kesadaran sosial dan teologis.
  4. Menurut Mohamed Fathi Osman (2006): Pluralisme adalah sikap toleransi mengenai keanekaragaman dengan begitu manusia memperoleh segala sesuatunya sama dengan orang lainya.

Tujuan Pluralisme

Salah satu ahli yang bernama Nurcholis Madjid menjelaskan kalau tujuan Pluralisme ialah :

  1. Mendekontruksi absolutisme
  2. Mengaskan relativisme
  3. Menjaga sikap toleransi disetiap perbedaan, kemajemukan dan heterogenitas.

Macam-Macam Pluralisme

Didalam masyarakat ada beberapa macam pluralisme, nah dibawah ini akan saya jelaskan macam-macam dari pluralisme dengan jelas.

Pluralisme Agama

Pengertian Pluralisme agama adalah sebuah pemahan yang mengatakan kalau semua agama itu sama. Artinya bahwa kita tidak boleh mengatakan kalau agama orang lain salah dan agama kita yang benar.

Ajab tetapi didalam agama islam paham ini sangat tidak dibenarkan bahkan MUI (Majeleis Ulama Indonesia) ikut melarang paham plurasimen ini. Pada kenyataanya masih banyak orang islam yang menganut paham pluralisme ini.

Pluralisme Budaya

Macam-Macam Pluralisme
Pluralisme Budaya

Selanjtunya ada Pluralisme Budaya, di indonesia banyak sekali budaya-budaya yang masih di lestarikan hingga sampai saat ini. Sudah jelas kalau budaya orang jawa dengan budaya orang lampung sangat berbeda.

Akan tetapi karena kebudayaan yang beragam ini justru banyak menimbulkan konflik budaya karena, munculnya rasa kecemburuan seperti budaya jawa lebih sering di tampilkan. Namun seiring perkembangan zaman paham-paham seperti ini sudah mulai di tinggalkan.

Semua orang bisa menampilkan kebudayaan masing-masing bisa dari pangung ke panggung atau dengan menampilkanya di Yotube dan media sosial.

Pluralisme Politik

Di dalam berpolitik kerap kali menimbulkan konflik seperti yang baru-baru ini pemilihan presiden, banyak sekali terjadi perang kata-kata di media sosial bahkan di lingkungan masyarakat.

Antara pendukung 01 dengan pendukung 02 merasa kalau pilihanya itu yang paling benar. Meskipun setiap calon presiden memiliki kekuranganya. Sebagai warga negara yang baik sepantasnya kita menghargai perbedaan pilihan politik tersebut.

Pluralisme Sosial

Pengertian pluralisme sosial adalah sikap toleransi tanpa ada tindakan diskriminasi antara sesama. Di dalam masyarakat pluralisme sosial bisa dilihat dengan adanya sikap saling menghormati antar sesama.

Hal ini penting sekali karena kita tidak bisa hidup sendiri, dan selalu berdampingan dengan orang lain. Saling membutuhkan antara satu dengan lainya agar tidak terjadinya konflik sosial.

Pluralisme Ilmu Pengetahuan

Pluralisme menjadi salah satu faktor utama dalama meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan. Dalam bidang ilmu pengetahuan juga paham pluralisme masih belum ditemukan kebenarannya terhadap kebebahasan berfikir ilmiah.

Contoh Pluralisme di Indonesia

Berikut ini terdapat contoh pluralisme di indonesia, yang ada dalam kehidupan sehari-hari kita semua.

  1. Contoh pluralisme yang ada di masyarakat yakni kegiatan pembangunan fasilitas umum.
  2. Contoh pluralisme di kehidupan sehari-hari seperti kegiatan gotong royong untuk membersihkan peresapan air dari sampah.
  3. Menghargai setiap adat istiadat yang ada di masyarakat.
  4. Memberikan bantuan berupa bahan pokok kepada korban bencana alam.
  5. Saling menjaga rasa kemanusian kepada umat beragama lainya.
  6. Menerima pendapat dan cara berfikir setiap orang lain.
  7. Ikut serta dalam membangun persatuan dan keamanan negara.
  8. Tidak melakukan tindak kriminalitas dan meresahkan masyarakat banyak.
  9. Contoh Pluralisme agama dengan tidak memaksakan orang lain untuk mengikuti agama yang kita yakini.
  10. Contoh Pluralisme budaya seperti menghargai kepada orang lain yang berasal dari ras berbeda.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai Pengertian Pluralisme dan Contohnya secara lengkap dan jelas. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar