Macam-Macam dan Contoh Tujuan di Bentuknya Organisasi

Pernahkah anda ikut dalam suatu organiasi baik di sekolah ataupun dimasyarakat ? Dan apa alasan anda masuk ke organiasi tersebut ?

Saya yakin pastinya anda memiliki sebuah tujuan selain menambah pengalaman, banyak fakta lain alasan sebenarnya seseorang bergabung didalam suatu organiasi.

Di indonesia sendiri ada bermacam-macam organiasi, yang dibentuk secara resmi. Mau tau apa saja ! simak penjelasan lengkapnya berikut ini. Tapi sebelum itu kalian perlu tahu pengertian dari Organisasi.

Pengertian Organisasi

Apa itu Organisasi ?
Organisasi adalah sebuah wadah yang didalamnya terdapat suatu kelompok ataupun individu yang mempunyai tujuan sama untuk mewujudkan visi dan misi mereka.

Suatu organisasi dibentuk harus memiliki visi dan misi, yang ditetapkan sebagai pondasi dari organisasi tersebut. Untuk menyelesaikan masalah yang muncul di masyarakat.
Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli
Pengertian Organisasi

Tujuan dibentuknya Organisasi

Berikut ini ada beberapa contoh tujuan dengan dibentuknya organisasi, diantaranya yaitu :

  • Mendukung suatu kegiatan seperti event.
  • Menyelesaikan masalah yang muncul di masyarakat.
  • Menciptakan rasa kerja sama sesama anggota.
  • Merekrut orang-orang yang memiliki tujuan yang sama.
  • Ikut serta dalam suatu kegiatan yang sesuai dengan Visi dan Misi dari Organisasi tertentu.

Setelah adan mengetahui dari tujuan dibentuknya organisasi, pembahasan selanjutnya mengenai macam-macam organisasi yang sudah berdiri di indonesia.

Macam-Macam Organisasi

Berikut ini terdapat macam-macam organisasi di indonesia berserta tujuan utamanya. Misalnya saja seperti Organisasi Internasional, Organisasi Kesehatan, Organisasi Bisnis, Organisasi Politik dan lain-lain.

Dan untuk mengetahui lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

1. Organisasi Politik

Contoh Organisasi Politik
Organisasi Politik

Setiap negara yang ada di belahan dunia tentu memiliki organisasi politik, selain mendukung segala sesuatu kegiatan pemerintah, organisasi politik dilatarbelakangi dari semangat para anggotanya dalam menyusun strategi ataupun kekuatan.

Contoh Tujuan dari Organisasi Politik :
Tujuan paling utama dari organisasi politik ialah menagatasi masalah yang berhubungan dengan kejadian-kejadian didalam pemerintah.

Misalnya saja ketika terjadi pertumpahan darah yang disebabkan para pemberontak PKI di tahun 1926, kejadian tersebut menimbulkan rasa kemanusian pada sekelompok orang, sehingga di tahun 1927 munculah Partai Nasional Indonesia (PNI).

2. Organsiasi Internasional

Organiasi Internasional mencakup jangkauan yang luas, bisa hal-hal yang berkaitan dengan pertahanan ataupun perekonomian. Misalnya saja saat ini sudah ada organiasi yang khusus bagi siapa yang inging mengembangkan kemampuan leadership mereka.

Contoh Tujuan dari Organisasi Internasional :
Organiasi Internasional ini dibentuk dengan tujuan meningkatkan jangkauan sasaran yang lebih luas dan tidak terbatas hanya pada negara itu saja.

3. Organiasi Sekolah

Berbeda dengan beberapa organiasi lainya, anggota yang dimiliki oleh organiasi sekolah ini tidaklah banyak karena hanya orang yang berada dalam lingkungan sekolah itu saja. Misalnya saja OSIS dimana para anggotanya terdiri dari para siswa dan siswi peran guru hanya sebagai pengawas ataupun pembimbing.

Contoh Tujuan dari Organisasi Sekolah :
Tujuan Organisasi Sekolah dilandasi oleh macam-macam kegiatan dari sebuah organisasi dalam membina dan meningkatkan minat bakat para murid. Sebab di sekolah sekali banyak sekali hal-hal yang bisa di ikuit seperti Kegiatan Olahraga, Menari, Music, Belajar Bahasa Inggris dan lainya.

4. Organisasi Pergerakan Nasional

Organisasi Pergerakan Nasional
Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia

Penjajahan kolonial Belanda partai-partai yang dibentuk berdasarkan semangat juang mereka, demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sehingga partai yang sudah berdiri sejak zaman dahulu dikatakan sebagai organisasi pergerakan nasional.

Contoh Tujuan dari Organisasi Pergerakan Nasional :
Organisasi yang terkenal pada saat itu  bernama organisasi Budi Utomo, yang memiliki semangat juang dalam membangkitkan kesadaran nasional.

5. Organisasi Bisnis

Bisnis adalah salah satu contoh kegiatan dimana didalamnya terdapat transaksi jual beli baik barang maupun jasa dilakukan secara terus-menerus. Apabila kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, Bisnis terbagi menjadi dua yaitu Bisnis yang dilakukan secara offline atau Bisnis yang dilakukan secara online.

Contoh Tujuan Organisasi Bisnis :
Tujuan paling utama dari organisasi bisnis yang ada saat ini yaitu demi mendapatkan laba atau keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Organisasi bisnis juga dibentuk bertujuan dalam mengadakan sebuah barang atau jasa.

Demi kesejahteraan pemilik dan pekerja tersebut atau mempekerjakan para pengangguran yang masih berkeliaran di lingkungan dan ikut dalam memajukan pertumbuhan ekonomi di Indonesia .

6. Organisasi Pendidikan

Berbeda dengan organisasi sekolah, dimana organisasi tersebut hanya berada dalam ranah Sekolah disitu hanya ada interaksi antara para siswa dan guru. Sedangkan pada organisasi pendidikan ini yakni Persatuan Guru seluruh Republik Indonesia atau yang disingkat dengan PGRI dibentuk atas dasar rasa ingin mensejahterakan para guru.

Contoh Tujuan Organisasi Pendidikan :
Contoh dari tujuan organisasi pendidikan PGRI di antaranya adalah membela, menjaga, memelihara dan meningkatkan harkat dan martabat guru lewat peningkatan kesejahteraan para anggotanya.

7. Organisasi Muhamaddiyah

Organisasi ini sudah beridir sejak 18 November tahun 1912 dan berdiri di kota Yogyakarta. Nama pendirinya ialah K.H. Ahmad Dahlan. Nama Muhammad dia sendiri di diartikan sebagai umat Muhammad.

Contoh Tujuan Organisasi Muhamaddiyah :
Tujuan dibentuknya organisasi Muhammadiyah ini tidak lain hanyalah untuk mencontoh ajaran serta perjuangan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir yang tertulis di dalam al-quran dalam menyebarkan islam.

8. Organisasi ASEAN

Tentunya organisasi ASEAN ini dibentuk dengan tujuan untuk mensejahterakan anggota-anggotanya yang terdiri dari berbagai macam negara yang ada di dunia ini. Namun organisasi Asean dibentuk hanya untuk kepentingan negara-negara khusus yang ada di Asia bagian Tenggara.

Contoh Tujuan Organisasi ASEAN :
Dengan beberapa alasan dan pertimbangan tersebut, maka terbentuklah organisasi ASEAN ini sesuai kesepakatan bersama dari para petinggi petinggi negara yang ada di Asia Tenggara. Pastinya organisasi ini berdiri untuk menguntungkan para anggotanya bukan hanya satu atau dua anggota tapi semuanya.

Demikianlah tadi pembahasan terkait contoh dan macam-macam tujuan organisasi yang sudah ada dari dulu sampai sekarang. Semoga ada pembahasan kali ini bisa menambah wawasan untuk teman-teman semua, terutama bagi saya sendiri dan jangan lupa berikan komentarnya Apabila ada kalimat-kalimat yang sulit dipahami terima kasih .

Tinggalkan komentar