Cara Flash Asus X014D

Artikel ini Telah Review Oleh: Icoretech

Kali ini kita akan membahas masalah pada handphone Asus X014D atau yang biasa kita sebut Asus Zenfone Go. Karena masalah yang akan kita bahas agak sedikit berat, jadi siapkan kopi dan makanan ringan nya.

Kok mimin mengatakan pembahasan nya agak berat sih? Ya, karena masalah pada Asus Zenfone Go kali ini tidak bisa hanya diselesaikan dengan hard reset saja.

Kerusakan pada handphone Asus X014D ini harus di perbaiki menggunakan cara flash. Mimin kasih tau ya, biasanya kasus ini meliputi hang, bootloop, lupa pola bahkan mati total.

Langsung saja ya, 3 cara flash Asus X014D dengan PC.

Cara Flash Asus X014D Dengan PC

Ada beberapa tool yang dapat kalian gunakan untuk melakukan Cara Flash Asus X014D dengan PC.

  1. Cara Flash Asus X014D dengan Flash Tool
  2. Cara Flash Asus X014D dengan ADB
  3. Cara Flash Asus X014D dengan UFI

Cara Flash Asus X014D Dengan Flash Tool

Tool ini merupakan software resmi dari Asus, kalian dapat mengunduhnya dengan nama Asus Flash Tool. Flash Tool ini biasa digunakan untuk handphone Asus yang mengalami masalah bootloop, sistem error dan juga HP sering restart sendiri.

Selanjutnya apa saja persenjataan yang harus kalian persiapkan untuk melakukan flashing ini: Ya, Mimin tentunya akan kasih kalian semua keperluan untuk flash HP Asus X014D dan kalian tinggal download aja.

Setelah mendownload software di atas, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menginstal Asus Flash Tool dan Asus Intel USB Driver. Apabila sudah selesai kita lanjut ketahap berikutnya :

  1. Buka Asus Flash Tool yang telah anda instal tadi.
  2. Kemudian pilih icon bergambar BOX dan cari file Firmware Original yang telah kalian download tadi. Mimin harap sampai sini gak ada yang bingung ya.
Asus Flash icon Box
  1. Setelah itu hubungkan handphone Asus Zenfone Go kalian dengan PC menggunakan kabel data atau USB. Pastikan HP kalian dalam keadaan Fastboot Mode.
  2. Setelah terhubung, akan ada notifikasi bahwa hp kalian telah terkoneksi dengan Asus Flash Tool. Jika sudah siap untuk melakukan flash langsung saja klik tombol START.
Asus Flash Start
  1. Proses flashing akan langsung berjalan dan jika sudah selesai maka akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah.
Asus Flash Sukses
  1. Oke, apabila sudah ada kalimat “Flash Image Successfully” maka proses flashing nya sudah selesai dan kalian dapat mencabut ponsel. Selanjutnya coba  untuk hidupkan? Sukses, handphone Asus X014D kalian telah selesai diperbaiki.

Cara Flash Asus X014D Dengan ADB

Yah, cara kedua ini menggunakan ADB Fastboot. Biasanya para pemula dan yang masih awam tentang dunia flashing lebih memilih untuk menggunakan software ini. Sebelum itu kalian harus memiliki beberapa software pendukung yang dapat di download di bawah ini.

Seperti cara sebelumnya kalian instal File ADB Fastboot dan Asus Intel USB Driver nya terlebih dahulu. Kemudian rubah nama file Firmware tersebut dengan nama “update.zip” agar lebih mudah untuk nantinya.

  1. Pindahkan file firmwarenya ke dalam instalan ADB Minimal Fastboot. Biasanya ada di (c:\Program File (x68)\Minimal ADB and Fastboot)
Flash Asus instalan
  1. Kemudian matikan ponsel dan masuk ke menu Recovery Mode.
  2. Kalian sekarang berada dimode recovery, pilih “apply update from ADB” gunakan tombol volume dan power untuk navigasinya.
Flash Asus recovery
  1. Oke, sekarang kalian sambungkan ponsel dengan PC menggunakan USB.
  2. Jalankan program adb.exe melalui administrator.
  3. Selanjutnya ketikkan “adb devices” dan klik enter, maka data akan terbaca secara otomatis.
Asus Flash Adb devices
  1. Selanjutnya untuk melakukan flashing ketikkan “adb sideload update.zip” lalu klik enter. Maka proses flashing tersebut akan berjalan.
Flash Asus adb side
  1. Jika proses sudah mencapai 100% maka handphone akan merestart sendiri dan berhasil Asus X014D telah di flash dengan ADB.

Cara Flash Asus X014D Dengan UFI

Ini adalah cara terakhir yang dapat kalian coba. Yah, cara yang biasa digunakan jika kerusakan yang terjadi sudah parah seperti brik, tidak nyala atau mati tolal. Kalian dapat menggunakan software UFI Box untuk flash Asus Zenfone Go.

Sebelum memulainya kalian download terlebih dahulu softwarenya di bawah ini :

Setelah selesai download ekstrak file firmware nya menggunakan aplikasi WinRAR atau 7Zip letakkan di folder yang mudah dicari.

  1. Siapkan kabel USB dan matikan ponsel Zenfone Go kalian.
  2. Setelah ponsel mati, tekan dan tahan tombol (power + volume up + volume down) secara bersamaan dan kemudian tancapkan kabel USB ke PC kalian.
  3. Kemudian buka UFI Box, pada bagian tab pilih Mediatek dan selanjutnya klik Scatter.
Flash Asus UFI scatter
  1. Langsung akan mucul jendela file manager, dan cari file firmware yang tadi telah kalian ekstrak tadi. Setelah ketemu file scatternya klik tombol Open.
Asus Flash UFI Open
  1. Tunggulah sebentar sampai file scatter terbaca (load). Jika sudah terbuka silahkan memulai dengan menekan tombol Flash.
Asus Flash load
  1. Kalian tinggal menunggu proses flash Asus X014D selesai, jika sudah maka akan muncul kalimat “MTK Soc Platform Validation: passed” nah itu tandanya proses sudah selesai.
Asus Flash MTK
  1. Langkah terakhir cek hp anda yang sedang merestrat sendiri dan menyala seperti baru lagi.

Catatan : Jika memungkinkan, lakukan backup data yang dirasa penting sebelum melakukan flashing.

Demikian Cara Flash Asus X014D Dengan PC yang dapat kalian ikuti mudah-mudahan berhasil. Berikan komentar kalian di bawah apabila ada hal yang belum jelas.

Leave a Comment